Kamis, 23 September 2010

Perbaikan Central lock/Power Window/Saklar Wiper pada Mobil BMW

Perbaikan ini terjadi pada hari Saptu Tgl 29 Agustus 2010. Seorang Bapak mengeluh karena Remote pada mobil tidak berfungsi ni disebabkan karena perangkat pada Central Lock mati pada waktu bersamaan Power Window juga tidak aktif dan Saklar 1 dan 2 tidak berfungsi yang berfungsi hanya Saklar pada posisi kecepatan 3.
Pada dasarnya perangkat Central Lock dan Power Window pada mobil jenis BMW sering kali menjadi satu / perangkat saling berkaitan satu sama lain,.
Langkah2 Perbaikan :
1. Cek sekring yang saling berkaitan
2. Cek jaringan kabel Central Lock
3. Cek jaringan kabel Power Window
Langkah pertama.
Pada Mobil jenis BMW posisi Sekring biasanya berada di 3 tempat, pertama di dalam kap mesin depan kadang di kiri kadangkala di kanan. Ke dua berada di bawah setir kemudi posisi dibawah. Ke tiga berada di bawah jok belakang mobil tepatnya berada di sebelah kiri. Pada setiap sekring khususnya yang berkaitan langsung di cek menggunakan tespen khusus DC 12 Volt secara menyeluruh pastikan semua di cek secara detail jika tidak ada sekring yang putus lanjutkan pada langkah berikutnya.
Langkah kedua cek jaringan central lock
Jaringan Central Lock meliputi kabel-kabel, Relay Central Lock dan motor CL.posisi / alur kabel CL dari Relay CL mengikuti alur ke berbagai pintu. Posisi Relay CL pada mobil BMW biasanya berada di 3 tempat.
1. Berada dibawah setir kemudi tepatnya disebelah blok kanan ( untuk tipe lama)
2. Berada diatas laci dasbord sedelah kiri depan
3. Berada dibawah jok belakang tepatnya disebelah kiri terkadang berada di kanan
4. Berada di bagasi belakang tepatnya sebelah kanan.
Jika relay CL sudah ditemukan pastikan kerusakan terjadi pada Relay CL atau jaringan kabel. Sedangkan motor CL berada didalam dek per pintu, jika kerusakan terjadi pada motor CL biasanya hanya terjadi beberapa motor saja tidak semuanya mati secara bersamaan.
Langkah ke tiga cek jaringan kabel Power Window
Jaringan Power Window pada mobil jenis BMW terdiri dari Saklar PW,Modul/ Relay PW jaringan kabel dan Motor PW. Posisi saklar pastinya sudah terlihat dengan jelas namun posisi Modul/Relay PW biasanya berada di bawah laci dasbord kiri depan dan di bawah jok kiri belakang. Jika jika jaringan sudah ditemukan pastikan kerusakan terjadi pada Saklar, Relay atau Motor. Seperti Motor CL Motor PW juga jika terjadi kerusakan tidak secara bersamaan.
Pada kejadian ini ternyata kerusakan terjadi pada bagian instalasi tepatnya sekring multi (berkaitan satu sama lain/Sekring Cabang) yang berada di bawah jok belakang sebelah kiri yakni sekring dengan kapasitas 10 Amper yang meliputi cabang suplay positif pada Central Lock,Power Window dan Saklar Wiper kecepatan 1 dan 2.
NB: Uraian di atas hanyalah struktur instalasi umum yang ada pada Mobil jenis BMW namun untuk jenis terbaru pastinya akan lebih bervariasi dan uraian di atas tidak meliputi struktur mekanik baik Central Lock, Power Window maupun Wiper.Dan untuk central Lock pnggerak pada Remot adalah (+) yaitu kebel yang berwarna putih-hitam dan putih – hijau.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar